Ini 4 jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar
Ini 4 jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar

UNPKediri.Info – Apa kamu sedang mencari info ini 4 jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar? Maka kamu berada di artikel yang tepat, disini kami akan bahas secara detail.

Kuliah merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi yang menjadi impian banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan akademik yang mumpuni untuk masuk ke perguruan tinggi. Bagi kamu yang merasa tidak terlalu pintar, jangan berkecil hati. Masih ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kamu.

Dikutip dari mamikos.com, dalam memilih jurusan, tentunya setiap calon mahasiswa memiliki pertimbangan masing-masing. Dari kesukaan, keinginan orang tua, atau mungkin karena memilih passing grade rendah, sepi peminat dan memiliki peluang masuk besar. Tapi, bagaimana caranya memilih jurusan jika kita merasa tidak percaya diri dengan kemampuan akademik kita?

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar ini bisa kamu pertimbangan. Jika kamu merasa tidak pandai atau kurang mampu untuk menguasai bidang-bidang sulit seperti matematika, fisika, maupun bidang sulit lainnya (AyoJakarta.com).

Beberapa jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar antara lain: Manajemen, Akuntansi, Teknik Mesin, Pendidikan (cyber-university.id), Jurusan Ilmu Sejarah, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (edumasterprivat.com).

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai 4 jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang tidak terlalu pintar:

1. Manajemen

Jurusan Manajemen mempelajari tentang pengelolaan organisasi, baik dari segi keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan produksi. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan berpikir logis dan analisis. Namun, jurusan ini juga tidak terlalu menuntut kemampuan matematika dan sains yang tinggi.

Adapun prospek jurusan manajemen mulai dari menjadi manajer, konsultan, hingga entrepreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan S1 Manajemen termasuk : UNP Kediri, Universitas Trisakti, UNJ, Unnes, UT, dst.

2. Akuntansi

Jurusan Akuntansi mempelajari tentang pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan keuangan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan analitis dan detail. Jurusan ini tidak terlalu menuntut kemampuan matematika dan sains yang tinggi.

Prospek kerja jurusan ini sangat luas, mulai dari menjadi akuntan, auditor, hingga konsultan pajak.

Universitas yang membuka prodi S1 akuntansi termasuk UNP kediri, Universitas Prasetiya Mulya, UII, UI, dst.

Baca Juga:  Jam Kuliah UNP Kediri

3. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin mempelajari tentang perancangan, pembuatan, dan pemeliharaan mesin. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan matematika dan sains yang baik. Kelebihannya, jurusan ini tidak terlalu menuntut kemampuan bahasa dan seni.

Jurusan Teknik Mesin memiliki prospek kerja yang luas, mulai dari menjadi insinyur mesin, teknisi mesin, hingga wirausahawan.

4. Pendidikan

Jurusan Pendidikan mempelajari tentang teori dan praktik pendidikan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki minat di bidang pendidikan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, interpersonal, dan kepemimpinan. Namun, jurusan ini juga tidak terlalu menuntut kemampuan matematika dan sains.

Prospek kerja prodi ini mulai dari menjadi guru, dosen, hingga peneliti.

Beberapa jurusan termasuk kategori Pendidikan antara lain

  1. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) (S1),
  2. Bimbingan dan Konseling (S1),
  3. Pendidikan Sejarah (S1),
  4. PPKN (S1),
  5. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1),
  6. Pendidikan Bahasa Inggris (S1),
  7. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (S1), dan
  8. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) (S1)

Universitas yang memiliki fakultas keguruan antara lain: UNP Kediri, Universitas Negeri Malang, Unnes, Unesa, dst.

Selain jurusan-jurusan di atas, masih ada beberapa jurusan kuliah lain yang juga cocok untuk orang yang tidak terlalu pintar. Namun, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jurusan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah:

  1. Kenali diri sendiri. Sebelum memilih jurusan kuliah, kamu perlu mengenal diri sendiri terlebih dahulu, termasuk minat, bakat, dan kemampuanmu.
  2. Lakukan riset. Setelah mengenal diri sendiri, kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.
  3. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, seperti guru, orang tua, atau teman yang sudah kuliah.
  4. Perlu diingat bahwa tidak ada jurusan kuliah yang sulit atau mudah. Semua jurusan kuliah memiliki tantangannya masing-masing. Yang terpenting adalah kamu memiliki tekad dan semangat untuk belajar.

Perlu diingat juga bahwa jurusan kuliah yang cocok untuk setiap orang berbeda-beda. Selain faktor kemampuan, kamu juga perlu mempertimbangkan minat dan bakatmu.