Gagal lolos jalur SNBP? Sama, Ikut SNBT dan Jalur Mandiri

UNPKediri.info – Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah diumumkan, banyak yang lolos, dan tidak sedikit pula yang gagal. Beberapa tidak beruntung memilih melanjutkan Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK), dan sebagian lainnya memutuskan mengikuti Jalur Mandiri .

Apapun pilihan setelah gagal lolos SNBP, kamu tetap memiliki banyak opsi untuk melanjutkan studi Sarjana atau Diploma. Baik menggunakan biaya mandiri ataupun jalur beasiswa seperti KIP Kuliah. KIP kuliah sekarang ini memungkinkan kamu memilih beragam perguruan tinggi yang terdaftar pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Lalu, seperti apa strategi yang dapat kamu lakukan setelah gagal lolos SNBP?

  1. Mendaftar SNBP, Mengikuti UTBK
  2. Memilih program studi dan perguruan tinggi tujuan dengan passing grade yang tepat
  3. Persiapan dan latihan soal UBTK (Sainteks / Soshum)
  4. Belajar magang atau bekerja sembari menunggu hasil SBMPTN
  5. Penutup: Sedikit cerita saya, “sama saya juga tidak lolos SNMPTN”

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu tempuh setelah gagal lolos SNBP:

1. Daftar SNBP dan Jalur Mandiri

Tentu kamu tetap bisa mencoba SNBT. Kamu akan mengikuti tes UTBK sesuai minat dan skornya akan dipakai untuk mendaftar SNBT dan Jalur Mandiri.

Kamu bisa mengecek prasyarat SNBT, melalui tautan https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=9.

Baca Juga:  Tanya jawab KIP Kuliah UNP Kediri

Kamu juga bisa ikutkan kembali KIP Kuliah di SNBT, dengan melakukan update data perguruan tinggi dan prodi untuk jalur SNBT.

Jika kamu kembali gagal SNBP, maka alternatifnya ikut Jalur Mandiri.

2. Ambil Jurusan Passing Grade Rendah

Kamu bisa memilih jurusan dan perguruan tinggi sesuai dengan kemampuanmu. Tidak usah fokus pada jurusan passing grade tinggi karena memiliki tingkat persaingan dan penerimaan yang ketat pula. Visibel disini berarti kamu yakin bahwa kamu akan diterima di jurusan tersebut.

Passing grade adalah sebuah acuan nilai yang memungkinkan kamu lolos jurusan di suatu perguruan tinggi. Nilai bisa berarti skor UTBK, daya tampung, dan jumlah peminat.

3. Latihan soal UBTK

Pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi UTBK. Persiapan jasmani, dan rohani sangat dibutuhkan. Terkait soal-soal UTBK, kamu bisa cari di Google menggunakan kata kunci “soal utbk soshum filetype:pdf” atau “soal utbk saintek filetype:pdf”. Maka hasil pencarian akan secara otomatis memfilter soal ujian format PDF.

Contoh soal UTBK Soshum dan saintek:

Belajar sesuai dengan metode yang kamu terapkan selama ini, apakah menggunakan model latihan soal, belajar materi menggunakan mind mapping (peta konsep) atau lainnya.

4. Ikut Magang Kerja

Ada jeda waktu ketika menunggu hasil SNBT sekitar 1-2 bulan yang dapat kamu manfaatkan. Kamu bisa belajar bekerja (magang) atau meningkatkan softskill.

Contohnya kamu dapat mengikuti sidejob (part time) atau belajar online seperti desain grafis, editing video, dll. Skill ini nantinya akan tetap diperlukan ketika kamu kuliah nanti. Kamu juga bisa mendaftar Program Kartu Prakerja, untuk meningkatkan kemampuanmu.

Baca Juga:  Jalur masuk UNP Kediri

Kamu bisa juga persiapkan jalur mandiri, apabila kemungkinan terburuk kamu tidak diterima di jalur SNBT. Kamu bisa mendaftar jalur mandiri tentu biaya akan lebih mahal.

Penutup

Pilihan apapun yang kamu setelah gagal SNBP adalah yang terbaik untukmu. Ketika saya memilih SNBP KIP Kuliah tahun 2020, saya mengalami hal serupa tidak lolos. Saya waktu itu memilih jurusan teknik mesin UB. Saya memutuskan untuk mendaftar SNBT. Akan tetapi lagi-lagi gagal, akhirnya memilih Jalur Mandiri Perguruan Tinggi Swasta dan Mendaftar KIP Kuliah.

Saya memilih mendaftar Jalur Mandiri KIP Kuliah dan diterima di Jurusan Teknik Mesin UNP Kediri sebagai pilihan utama saya.

Kegagalan SNBP dan SNBT telah mengantarkan saya ke jenjang lolos Jalur Mandiri KIP Kuliah. Jadi bagi kamu yang tidak lolos SNBP dan SNBT jangan khawathir, masih ada banyak jalan.